4 Langkah Untuk Mempercepat Proses Simulasi Abaqus

Di bawah ini, ada beberapa tips mempercepat proses simulasi Abaqus yang bisa Anda ketahui dan coba.


Mungkin Anda mengenali proses simulasi ini. Anda mengatur model Anda, mulai menjalankan pekerjaan, membuka jendela monitor dan layar monitor tetap kosong, lebih lama dari yang Anda inginkan. Simulasi memakan waktu lebih lama dari yang Anda harapkan atau inginkan dan Anda bertanya-tanya: "Bagaimana saya bisa melakukannya lebih cepat (tanpa mengurangi akurasi hasil secara signifikan)?" Di artikel kali ini akan membahas beberapa ide dan pengalaman yang kami miliki terkait dengan kecepatan simulasi:

1. Jangan gunakan elemen yang berlebihan

Salah satu faktor utama yang berkontribusi pada kecepatan lari adalah jumlah derajat kebebasan, dengan derajat kebebasan dua kali lebih banyak yang mengarah ke simulasi akan bekerja dengan lebih lambat. Simulasi dengan lebih sedikit elemen akan bekerja dengan lebih cepat.

Untuk model simetris, hanya setengah yang dapat disimulasikan. Ini akan mengurangi waktu simulasi dengan setidaknya faktor kedua. Dengan opsi visualisasi di Abaqus, dimungkinkan untuk memvisualisasikan konstruksi lengkap, sambil mensimulasikan hanya setengahnya. Jika pendekatan aksimetris dapat digunakan, ini akan mengurangi waktu simulasi lebih banyak lagi, sambil tetap memungkinkan visualisasi keseluruhan konstruksi.

Dalam beberapa kasus, geometri dan langkah pemuatan pertama adalah aksisimetris, tetapi langkah pemuatan berikutnya tidak. Contohnya adalah tekanan pada ban sederhana, diikuti dengan pemuatan yang sedang digunakan, ketika ban berdiri di tanah. Dalam kasus seperti itu, langkah pembebanan pertama dapat disimulasikan menggunakan elemen sumbu simetris. Dari model axisymmetric, model 3D dapat dihasilkan. Status beban dalam model sumbu simetris dapat disalin ke model 3D. Menggunakan pendekatan ini menghemat waktu simulasi.

2. Pastikan data awal sesuai dengan RAM sistem Anda

Memiliki banyak derajat kebebasan menjadi sangat bermasalah jika data awal analisis tidak dapat lagi sepenuhnya disimpan dalam memori. Perkiraan jumlah size yang dibutuhkan untuk menyimpan semua hasil kalkulasi didapat saat melakukan pemeriksaan data (Data Check) dan diberikan dalam file .dat, di bawah "MEMORY TO MINIMIZE I/O". Ketika Abaqus membutuhkan lebih banyak memori daripada jumlah RAM yang tersedia, memori virtual akan digunakan, yaitu ruang disk digunakan sebagai memori tambahan. Menulis ke dan membaca dari disk memerlukan waktu tambahan, sehingga mengurangi kinerja dan meningkatkan waktu simulasi.

3. Jangan biarkan satu elemen merusak kecepatan simulasi Anda di Abaqus

Dalam Abaqus, kenaikan waktu stabil maksimal dihitung per elemen. Nilai terkecil dari semua elemen kemudian digunakan untuk analisis. Ini berarti bahwa jika semua elemen kecuali satu memiliki kenaikan waktu stabil 1e-5 dan elemen terakhir memiliki kenaikan waktu stabil 1e-7, maka kenaikan waktu 1e-7 akan digunakan. Simulasi akan memakan waktu 100 kali lebih lama karena elemen tunggal ini dengan peningkatan waktu stabil yang lebih kecil!

Karena itu, penting untuk mengetahui elemen mana yang membatasi penambahan waktu dan memodifikasinya jika memungkinkan. Alat 'verifikasi mesh' dalam modul mesh dapat menyorot elemen dengan peningkatan waktu yang stabil kurang dari nilai yang ditentukan. Ini membantu menentukan di mana perubahan dapat memiliki dampak paling besar. Apa kenaikan waktu dan elemen mana yang menentukan ini juga ditulis ke file .msg dan terlihat dari diagnostik pekerjaan.

4. Gunakan penskalaan untuk analisis kuasi-statis di Abaqus

Dalam analisis eksplisit, waktu simulasi dapat dikurangi jika total waktu yang akan disimulasikan dikurangi, atau peningkatan waktu stabil ditingkatkan. Untuk analisis kuasi-statis, waktu total yang disimulasikan terkadang dapat dikurangi dengan menerapkan beban lebih cepat. Ini tidak dapat dilakukan tanpa batas waktu: ketika beban diterapkan terlalu cepat, efek dinamis mulai berperan dan solusinya berubah. Saat menggunakan properti yang bergantung pada kecepatan, ini juga harus diskalakan. Dalam kasus seperti itu mungkin lebih mudah untuk meningkatkan kenaikan waktu stabil. Peningkatan waktu stabil dapat ditingkatkan dengan meningkatkan massa. Ini dapat dilakukan secara manual, dengan menentukan kepadatan yang lebih besar.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk mempercepat proses simulasi dengan Abaqus.

PT NSI jadi salah satu perusahaan IT yang memperkenalkan SIMULIA Abaqus di Indonesia. Didukung dengan 3DEXPERIENCE, Simulia menampilkan proses simulasi yang realistis.


Share This Post: